Masker jerawat

Posted on March 1, 2012

0


Wajah bersih tanpa jerawat pasti menjadi idaman setiap wanita. Munculnya jerawat pada wajah tentu saja sangat mengganggu Anda, apalagi jika jerawat tersebut nantinya akan meninggalkan bekas di wajah.

Untuk itu, sebelum wajah Anda dipenuhi oleh jerawat, ada beberapa perawatan yang harus Anda lakukan. Mulai dari tahap pencegahan, hingga cara untuk mengobati jerawat dengan membuat masker jerawat sendiri dari bahan-bahan alami.


Tips Mencegah Munculnya Jerawat

  1. Membersihkan wajah dengan pembersih setiap hari.
    Wajah yang kotor dan dipenuhi bakteri sangat rentan terhadap munculnya jerawat. Oleh karena itu, untuk menghindari makhluk kecil yang menyebalkan itu muncul, ada baiknya Anda membersihkan wajah secara rutin setiap hari terutama ketika menjelang tidur. Anda dapat menggunakan krim/susu pembersih wajah, atau dengan menggunakan sabun khusus muka.
  2. Menyingkirkan rambut dari wajah ketika beraktivitas, karena kotoran dan minyak pada rambut akan lengket ke wajah bila rambut menyentuh wajah Anda.
  3. Mencuci sarung bantal dan sprei. Kotoran dan bakteri yang terdapat pada sarung bantal dan sprei juga dapat memicu timbulnya jerawat pada wajah. Oleh karena itu, sering-seringlah mencuci sarung bantal dan sprei Anda agar terhindar dari penyebab munculnya jerawat.
  4. Minum air putih delapan gelas dalam sehari juga dapat membantu mengurangi timbulnya jerawat. Karena dengan mengkonsumsi air yang banyak, zat-zat beracun dapat dikeluarkan dari tubuh dengan mudah.
  5. Mengurangi pemakaian kosmetik, karena pemakaian kosmetik yang berlebihan dapat menyumbat pori-pori wajah sehingga memicu timbulnya jerawat.
  6. Menggunakan masker wajah, khususnya masker jerawat secara teratur, sehingga dapat mengurangi bakteri pada wajah.


Masker Jerawat dari Bahan Alami

Anda dapat memanfaatkan berbagai tumbuhan yang terdapat di sekitar Anda untuk mengobati jerawat. Bahan-bahan dari alam yang dapat dijadikan sebagai masker jerawat antara lain:

  • Jeruk nipis.
    Caranya adalah dengan mengoleskan air jeruk nipis secara merata pada wajah di malam hari dan dibersihkan pada keesokan harinya. Agar lebih optimal, Anda juga bisa menambahkan madu pada air jeruk tersebut.
  • Temulawak.
    Haluskan temulawak dan oleskan pada wajah secara merata. Diamkan beberapa menit, kemudian bilas dan setelah itu kompres wajah dengan es untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  • Lidah buaya.
    Ambil daun lidah buaya dan oleskan lendirnya pada wajah hingga menyerupai masker. Tunggu hingga mengering dan bilas.
  • Lobak.
    Untuk membuat masker jerawat lobak, parutlah lobak secukupnya. Ambil airnya, kemudian tambahkan sedikit cuka apel dan aduk hingaa tercampur. Oleskan pada wajah, diamkan. Setelah kering bilaslah dengan air hingga bersih.
  • power by anne ahira
Posted in: jerawat