Problem Utama Saat Datang Bulan

Posted on February 29, 2012

0


Problem Utama Saat Datang Bulan

Foto: Okki

Perhelatan Indonesia Fashion Week 2012 tak hanya menampilkan panggung fashion  perancang kenamaan dan lenggak-lenggok model di catwalk. Seminar sarat informasi seputar wanita pun dihadirkan. Martha Tilaar Group menggelar bincang-bincang perihal pengobatan holistik saat datang bulan berlangsung.

Pada dasarnya, ada dua masalah besar saat datang bulan melanda wanita. “Problem ada dua macam, fisik dan psikis. Fisik seperti kepala pusing, mual, keram perut, tak nafsu makan, cepat lelah. Psikis, biasanya wanita jadi bad mood, malas dan  tak bergairah,” kata pakar holistik Lidia Astuti  di acara Jakarta Fashion Week 2012, Main Lobby, Jakarta Convention Center, Sabtu (25/2) sore.

Biasanya, beberapa hari sebelum menstruasi, wanita kerap mengalami nyeri di sekitar payudara. Terkadang, rasa nyeri itu masih bisa ‘ditoleransi’ keberadaannya. Namun, tak jarang pula rasa nyeri itu berlebihan. “Nyeri pada payudara adalah salah satu gejala yang dialami wanita. Sebenarnya itu tak berbahaya. Nyeri itu terjadi akibat ketidakseimbangan hormon pada wanita karena kelenjar susu membesar, dan bisa-bisa kesenggol saja sakit,” kata Lidia.
Selain nyeri di sekitar payudara, biasanya wanita juga mengalami sakit pada perut bagian bawah. Hal itu adalah proses luruhnya sel telur alias ovum yang tak dibuahi. Prosesnya pun agak nyeri. “Itu namanya dismenoria,  gejala kaum wanita saat menstruasi. Volume sakitnya beragam, ada yang sakit atau tidak. Itu merupakan proses runtuhnya sel telur yang tidak dibuahi. Kita akan sakit kalau punya kista,” kata Lidia.

Jika Anda mengalami hal-hal demikian, sangat disarankan untuk segera ditangani. Cara yang paling pas untuk ‘mengusir’ rasa nyeri itu adalah dengan pengobatan holistik alias alamiah. “Sangat dianjurkan penangan holistik tanpa ada tindakan dengan bahan kimiawi atau ada hal yang menyebabkan efek samping, bisa dari dalam atau dari luar,” tegas Lidia.

Posted in: Kesehatan