Cara menyembuhkan jerawat

Posted on February 29, 2012

0


Jerawat adalah salah satu masalah kesehatan kulit yang tidak pernah membuat seseorang bahagia akan keberadaannya. Butiran kecil berwarna merah di permukaan kulit wajah, terasa sakit ketika meradang, timbul secara bergerombol atau satu – satu di sebagian kulit wajah serta yang paling menyebalkan adalah noda – noda yang membekas sehingga memberikan kesan bahwa jerawat – jerawat tersebut akan terlihat selamanya di permukaan kulit wajah.

Itulah mengapa sebaiknya pertumbuhan jerawat sebaiknya dicegah sehingga tidak menimbulkan masalah yang pelik pada keindahan wajah Anda. Atau bila masalah kulit tersebut telah terlanjur meradang di wajah Anda, Anda harus mencari cara yang tepat untuk menghentikan peradangannya dengan cepat serta mencegah timbulnya noda yang disebabkan oleh jerawat yang mengempis dan menghitam.

Oleh karena itu Anda harus mengetahui beberapa tips jitu yang dapat membantu Andamenyembuhkan jerawat dengan cepat. Berikut adalah beberapa tips untuk penyembuhan jerawat tersebut;

1. Untuk sementara Anda harus mengurangi makan makanan yang mengandung lemak tinggi karena makan seperti itu dapat meningkatkan produksi minyak di kulit lebih banyak lagi. Dengan jumlah minyak yang dihasilkan lebih banyak maka kemungkinan timbulnya jerawat baru akan semakin besar.

2. Usahakan untuk tidak menyentuh wajah, apalagi jerawat Anda ketika tangan Anda dalam keadaan kotor. Tangan yang kotor akan membuat jerawat semakin meradang dan memungkinkan tumbuhnya jerawat baru di berbagai bagian kulit wajah.

3. Mengkonsumsi buah yang mengandung Vitamin C tinggi adalah salah satu tips yang paling tepat untuk mempercepat proses penyembuhan jerawat. Vitamin C akan memberikan nutrisi pada kulit Anda untuk terlihat lebih segar dan cerah.

Selain itu, vitamin C juga dapat mempercepat proses penyembuhan jerawat dengan menyembuhkan peradangannya dan menutup pori – pori yang menganggap akibat tumbuhnya jerawat. Sehingga, vitamin C tersebut akan mempercepat penyembuhan dan juga mencegah timbulnya noda – noda hitam.

4. Mengkonsumsi makanan dengan kandungan Vitamin E tinggi juga merupakan ide tepat untuk proses penyembuhan jerawat. Vitamin E terbukti dapat meningkatkan kecantikan kulit dengan mempercepat regenerasinya. Dengan mengkonsumsi vitamin E, penyembuhan jerawat dan penghilangan noda hitam akan semakin cepat.

5. Jangan mem-facial wajah ketika beberapa jerawat sedang meradang. Tindakan ini akan menyebabkan rasa sakit yang luar biasa dan jerawat tersebut akan semakin meradang, memerah serta menimbulkan bekas atau noda hitam yang sangat tidak enak dipandang mata.

6. Mengompres wajah dengan air hangat setelah dibersihkan merupakan tindakan tepat untuk mengurangi peradangan jerawat. Selain itu, kompres hangat akan mempercepat pengeringan jerawat sehingga akan terjadi proses penyembuhan yang lebih cepat.

7. Menggunakan masker pada kulit yang mengalami peradangan jerawat adalah ide yang buruk. Masker tersebut justru akan menutupi pori – pori yang ingin menjalani proses penyembuhan dari jerawat. Apalagi masker yang digunakan merupakan masker bubuk yang dapat masuk ke dalam pori – pori dengan mudah.

8. Akan lebih baik bila Anda mengganti masker tersebut dengan sari buah asli yang banyak mengandung vitamin. Tomat adalah salah satu buah yang paling tepat untuk membantu penyembuhan jerawat. Anda hanya perlu memotong sebagian tomat merah serta kemudian mengoleskan sarinya ke wajah Anda secara merata.

Biarkan mengering hingga satu atau dua jam dan kemudian bersihkan. Kandungan vitamin di dalam tomat akan mempercepat penyembuhan jerawat dan pencerahan kulit wajah.

9. Menggunakan parutan kentang sebagai masker juga merupakan pilihan yang tepat untuk menyembuhkan jerawat dengan cepat. Ketika masker kentang telah mengering di permukaan wajah, bersihkan wajah dengan sempurna dan Anda akan menemukan wajah yang kencang, cerah serta jerawat yang perlahan mengempis.

10. Gunakan kosmetik yang aman serta tidak mengandung alcohol tinggi k

Posted in: jerawat