Tips merawat wajah

Posted on February 28, 2012

0


Berbagai Tips Wanita dalam Merawat Wajah

 

Wajah adalah bagian tubuh yang sangat penting bagi wanita, karena saat bertemu dengan orang lain, hal pertama yang pasti diperhatikan adalah muka/wajah. Wajah yang cantik adalah wajah yang bersih dan terawat.

Wajah yang jarang mendapatperawatan, pasti akan memiliki banyak jerawat, kulit wajah terlihat kusam, tidak segar, bahkan mengeriput walau usia belum terlalu tua.


Tips Perawatan Wajah

Untuk menghindari hal-hal tersebut, ada beberapa tips wanita dalam merawat wajah.

  • Kenali dahulu tipe kulit wajah Anda, apakah tipe berminyak, kering atau normal. Mengenali jenis kulit wajah adalah langkah awal untuk merawat wajah. Bila sudah tahu, Anda tinggal menentukan perawatan yang bagaimana yang akan cocok dengan kulit wajah Anda.
  • Bersihkan wajah menggunakan sabun pembersih setiap bangun tidur, selesai beraktivitas dan ketika akan tidur. Sabun pembersih yang sesuai dengan tipe kulit Anda. Tak perlu banyak-banyak menggunakan sabun, secukupnya saja.
  • Saat membersihkan wajah atau cuci muka, dianjurkan untuk memakai air hangat. Air hangat akan membuka pori-pori wajah sehingga ketika dibersihkan, kotoran-kotoran yang masuk ke pori-pori kulit pun akan ikut terangkat.
  • Anda bisa menggunakan sabun pembersih yang mengandung scrub tapi sebaiknya berhati-hati menggunakannya. Saat menggosokkan sabun ke wajah, jangan terlalu cepat/kasar, ini bisa menyebabkan kulit wajah Anda lecet. Lecet yang ditimbulkan memang tidak tampak, tapi hal itu bisa menyebabkan kulit menjadi kasar dan tidak sehat.

    Bagi wajah yang berjerawat, tidak disarankan untuk menggunakan sabun scrub, karena dikhawatirkan butiran-butiran scrub bisa membuat permukaan jerawat menjadi lecet dan menyebabkan infeksi. Infeksi ini bisa menyebabkan jerawat bertambah parah dan meninggalkan bekas pada wajah.

  • Tips wanita yang lain dalam merawat wajah adalah dengan memakai masker. Masker yang digunakan bisa dengan masker yang banyak beredar di pasaran atau bisa juga menggunakan masker buatan sendiri.
  • Anda bisa memanfaatkan buah-buahan sebagai masker, seperti strawberry, alpukat, mentimun atau tomat. Caranya cukup mudah, tinggal hancurkan/tumbuk beberapa buah saja, lalu usapkan pada wajah yang sudah dibersihkan dengan air hangat. Tunggu sampai 15-30 menit, lalu bilas kembali dengan air hangat.

    Masker bisa menjaga kelembaban dan kehalusan wajah, sebaiknya dipakai 1-3 kali dalam seminggu secara rutin.

  • Jika wajah Anda berjerawat, sebaiknya gunakan obat jerawat dan jangan sekali-sekali memencet jerawat Anda. Hal itu hanya akan membuat kulit Anda lecet dan terluka. Jerawat yang dipencet, kadang malah membekas dan membuat kulit menghitam.

    Banyak pula kasus yang menunjukkan bahwa jerawat malah akan tumbuh subur ketika jerawat dipencet seenaknya. Ini dikarenakan jerawat yang pecah akan menimbulkan luka, luka yang terbuka akan mudah dimasuki oleh kotoran maupunbakteri. Hal ini malah membuat jerawat semakin banyak.

  • Gunakan pelembab untuk wajah agar kulit wajah tidak kering. Tips wanita yang satu ini sudah sangat umum, apalagi saat ini banyak sekali produk pelembab yang beredar di pasaran.

    Saat akan beraktivitas di siang hari, ada baiknya menggunakan pelembab yang mengandung sunscreen atau UV protection, hal ini akan melindungi dari sinar matahari yang bisa membuat kulit wajah menjadi tampak kusut, menghitam, bahkan mengeriput lebih cepat.

  • Setelah beraktivitas dan merasa kelelahan, kompreslah wajah Anda dengan saputangan yang sudah direndam air hangat, kompres kira-kira selama tiga menit. Hal ini akan membuat wajah rileks, pori-pori terbuka dan kotoran akan terangkat/menempel pada saputangan. Setelah itu kompres dengan air dingin sebentar saja untuk menutup kembali pori-pori kulit. Wajah akan menjadi lebih rileks dan tampak lebih segar.
  • Lakukan pemijatan wajah secara rutin. Ini bisa Anda lakukan sendiri saat sedang membersihkan wajah. Pemijatan ini bisa membuat wajah Anda menjadi lebih rileks, otot-otot wajah yang kaku akan lemas, dan pastinya membuat wajah Anda terlihat semakin segar.
  • Kecantikan wajah tidak hanya didukung oleh perawatan dari luar. Perawatan dari dalam tubuh juga punya peranan penting. Rutinlah mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran yang banyak mengandung vitamin E, kacang almond misalnya. Selain itu, banyak-banyaklan minum air putih, minimal 7-8 gelas sehari.

Itu adalah beberapa tips wanita dalam merawat kulit wajah, cukup mudah dilakukan dan memiliki efek yang bagus bagi wajah. Tips-tips di atas juga bisa diterapkan bagi kaum laki-laki yang ingin kulit wajahnya menjadi lebih bersih, halus dan tampak segar.

Posted in: Tips and Trik